Home » » OBAT TRADISIONAL, KHASIAT DAUN TEMPUYUNG

OBAT TRADISIONAL, KHASIAT DAUN TEMPUYUNG

Written By Unknown on Sabtu, 14 Juni 2014 | 07.03


 Daun Tempuyung – mungkin sebagian dari anda tidak mengenal nama daun tempuyung, namun ketika melihat gambarnya mungkin anda akan tahu terhadap tumbuhan yang biasa tumbuh liar ini. Tak pernah disangka bahwa tumbuhan yang biasa tumbuh liar ini memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Tumbuhan yang berasal dari Eurasia ini bisa ditemukan di daerah yang banyak turun hujan. 

Khasiat Daun Tempuyung

Tempuyung memiliki dua jenis yaitu tempuyung berukuran kecil yang biasa disebut lempung dan berukuran besar biasa disebut rayana. Batang tempuyung berbentuk bulat, berongga, berusuk, dan memiliki getah putih, sedangkan daunnya berbentuk lonjong dan tunggal. Rasa daunnya sangat pait dan mengandung beberapa zat kimia seperti alfa-laktuserol, beta-laktoserol, manitol, inositol, silika, kalium, flavonoid dan taraksa-sterol. Sedangkan kandungan utama pada daun tempuyung adalah mineral seperti silika, kalium, magnesium dan netrium; dan senyawa organic seperti flavonoid, kumarin, taraksasterol, inositol, dan asam fenolat. Selain memiliki banyak kandungan, daun tempuyung juga memiliki beberapa khasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti diantaranya: 

1.    Berkhasiat untuk mengobati radang usus buntu, radang payudara, 
2.    Berkhasiat untuk mengobati batu empedu, 
3.    Berkhasiat untuk mengobati wasir, disentri, 
4.    Berkhasiat untuk mengobati darah tinggi, 
5.    Berkhasiat untuk mengobati bisul, luka bakar, 
6.    Berkhasiat untuk mengobati penyakit tuli. 

Cara mengkonsumsinya hanya dengan meminum air rebusan daun tempuyung, sedangkan untuk penggunaan obat luar dapat dengan menumbuk hingga halus lalu ditempelkan disekitar luka luar. 

Khasiat Daun Tempuyung

Itulah ulasan tentang beberapa khasiat daun tempuyung, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar




 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. KWARRAN DAWUAN - All Rights Reserved
Modification Template By : Taufiq ASy - KWARRAN DAWUAN